Yang meliputi :

  1. Mengkaji pelaksanaan kurikulum sekolah dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sesuai tuntutan satuan pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
  2. Menyiapkan perangkat standar mutu pendidikan melalui efektivitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai dengan lingkungan belajar yang rekreatif, edukatif, dan religius.
  3. Melaksanakan pemeliharaan, peningkatan, dan pengembangan potensi sumber daya pendidik yang profesional dalam rangka memacu peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peseta didik.
  4. Berupaya dengan segenap kemampuan untuk dapat mengantarkan peserta didik menuju kecerdasan apresiasi seni budaya yang islami dan temporer.
  5. Berupaya mewujudkan peserta didik untuk dapat memiliki dasar-dasar life skill yang bermuara pada kemahiran membaca, menulis, dan berhitung (calistung).

Sasaran Sekolah

  1. Mengembangkan kurikulum sekolah sesuai dengan potensi peserta didik agar mampu menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan melalui efektivitas pembelajaran dan pembiasaan sesuai dengan lingkungan belajar yang rekreatif, edukatif, dan religius.
  3. Memelihara, meningkatkan, dan mengembangkan potensi sumber daya pendidik yang profesional dalam rangka memacu peningkatan berbagai kecakapan dan kecerdasan peseta didik.
  4. Mengantarkan peserta didik untuk memiliki kecerdasan terhadap seni budaya yang islami dan temporer.
  5. Peserta didik memiliki dasar-dasar life skill yang bermuara pada kemahiran membaca, menulis, dan berhitung (calistung).

Kegiatan Sekolah

  1. Melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sekolah dengan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sesuai tuntutan satuan pendidikan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.
  2. Melaksanakan uji mutu pendidikan sesuai (standar kelulusan) melalui efektivitas pembelajaran, ekstrakurikuler, dan pembiasaan dengan pemanfaatan lingkungan konstekstual sebagai pusat pembelajaran yang rekreatif, edukatif, dan religius.
  3. Melaksanakan sistem pembinaan profesional dalam rangka memelihara, meningkatkan, dan mengembangkan potensi sumber daya pendidik melalui wadah KKG, PKG, KKKS, Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara berkala dan berkesinambungan.
  4. Melaksanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi berbagai kegiatan pembelajaran untuk dapat memacu peningkatan kualitas peserta didik menuju kecerdasan apresiasi terhadap seni dan budaya yang islami dan temporer.
  5. Melaksanakan, mengembangkan, dan mengevaluasi semua bentuk pembelajaran yang bermuara pada kemahiran peserta didik terhadap membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sebagai dasar life skill yang dibutuhkan untuk mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

STRATEGI menuju SEKOLAH ANAK SHALEH

  1. Menciptakan suasana yang islami di lingkungan madrasah
  2. Menerapkan manajemen yang demokratis dan berorientasi pada mutu
  3. Membentuk lembaga-lembaga guna mengefektifkan pencapaian tujuan
  4. Mengefektifkan Komite Sekolah
  5. Merumuskan kurikulum yang dinamis dan progresif yang didasarkan pada sinergi agama, ilmu, dan kebutuhan masyarakat
  6. Mewujudkan administrasi yang efektif dan efisien yang berprinsip pada pelayanan prima
  7. Membangun sarana prasarana pendidikan yang memadai
  8. Merekrut SDM yang profesional yang berkaitan dengan guru maupun pegawai
  9. Memberikan kesejahteraaan secara memadai kepada guru dan pegawai
  10. Menerapkan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didikĀ  (children centre)
  11. Merumuskan ciri keunggulan madrasah yang memiliki ciri khas
  12. Mewujudkan struktur organisasi yang dinamis
  13. Melakukan seleksi yang cermat dalam penerimaan siswa baru
  14. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar
  15. Membangun jaringan dengan pihak luar yang concern dengan pengembangan pendidikan
  16. Mengadakan pelatihan secara intensif pada semua elemen sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *