DIBUKA PENDAFTARAN SISWA BARU

FULLDAY SCHOOL Sekolah Anak Shaleh SD MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

website : www.sdmuh2sby.sch.id / email : sdmuh2sby@gmail.com

TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

DIBUKA TANGGAL 1 DESEMBER 2013

klik disini untuk pendaftaran dan prosedurnya

Keunggulan

Berikut ini terdapat sejumlah item ciri khas SD Muhammadiyah 2 Surabaya yang mungkin tidak kita temukan di sekolah dasar konvensional pada umumnya.

Pendidikan IESQ

Segala proses pendidikan dan pembelajaran selalu berusaha mengintegrasikan antara pendidikan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual sekaligus. Kesuksesan siswa di bidang akademik formal bukanlah satu-satunya tujuan yang ingin dicapai sekolah, akan tetapi juga menekankan perkembangan emosianal dan kepribadian siswa, serta menjadikan penanaman kesadaran spiritual mengenal Sang Khaliq sebagai hal yang utama.

Kurikulum Plus

Kurikulum yang disusun mengacu pada standar yang ditetapkan Depdiknas dan mengadaptasi esensi kurikulum standar Depag, serta mengintegrasikan muatan lokal yang berorentasi pada kebutuhan global. Seperti Bahasa Inggris Bahasa Arab diajarkan sejak kelas I.

Pembiasaan-pembiasaan

Menjadikan pembiasaan-pembiasaan sebagai metode pembelajaran strategis dalam rangka memantapkan pembentukan karakter dan kepribadian siswa yang berakhlakul karimah. Proses pembelajaran tidak berhenti pada kegiatan belajar mengajar di kelas, akan tetapi berlanjut pada proses pembiasaan dalam kegiatan rutin sehari-hari, seperti budaya antri, pembiasaan jama’ah, pembiasaan shadaqah, budaya bersih lingkungan, pembiasaan salam, adab makan, adab bergaul, dst.

Team Teaching & Rombongan Belajar yang Kecil

Sebagian besar kegiatan pembelajaran di kelas bawah (I dan II) dibimbing oleh Team Teaching (Guru lebih dari satu dalam satu ruang kelas), sehingga kebutuhan siswa akan bimbingan dan bantuan belajar dapat lebih terlayani. Terlebih lagi, dalam satu rombongan belajar terdiri atas maksimal 25 orang siswa, sehingga lebih mengintensifkan bimbingan, perhatian dan pendampingan terhadap siswa. Guru bisa lebih memperhatikan perkembangan siswa dari berbagai aspeknya, tidak hanya pada prestasi akademiknya saja, akan tetapi pada perkembangan kepribadian masing-masing individu siswa.

Mata Pelajaran Diajarkan oleh Guru Bidang Studi

Mata pelajaran diajarkan oleh Guru Bidang Studi yang memiliki kualifikasi akademik sesuai bidang studi yang diajar, utamanya mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, AL-ISLAM dan Bahasa Arab.

Pembelajaran Inovatif

Guru didorong dan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan pembelajaran inovatif dan kreatif, indoor dan outdoor bahkan outclass (kegiatan pembelajaran bebas di luar jam sekolah), dengan tetap mengacu pada standar kompetensi nasional, memperhatikan mutu akademik dan hasil belajar siswa.

Hubungan Keakraban antara Guru-Murid

Hubungan antara murid dan guru yang terjalin akrab dan egaliter tanpa mengesampinkan adab dan kesopanan. Guru dipandang sebagai teman dan pembimbing belajar siswa, bukan sebagai sosok yang disegani dalam arti ditakuti dan dihindari. Sehingga terjalin suasana kebersamaan dan keceriaan, serta keberanian siswa dalam berekspresi dan berkreasi dapat lebih dioptimalkan.

Tenaga Pendidik Muda dan Berkualifikasi

Para siswa diasuh oleh tenaga pendidik Sarjana lulusan S1  dan S2 kependidikan yang berusia relatif muda, penuh semangat dan daya kreativitas.

Full Musik

Selama di sekolah, siswa diperdengarkan alunan musik yang disesuaikan dengan kegiatan yang berlangsung, seperti instrumen musik klasik ketika pembelajaran berlangsung dan musik ceria dan bersyair yang edukatif ketika istirahat.